Minggu, 23 Oktober 2011

RESUME ETIKA PROFESI

Nama    : Nurhayati Dewi
Nim       : 10.41010.0108
Dosen    : Tri Sagirani
Kelas     : P3
TEMA    : Etika Dalam Berkarya, Berkreasi dan Berkomunikasi melalui ICT






Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang etika,ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari etika itu sendiri.
Etika adalah ilmu yang mempelajari tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia yang dapat dipahami oleh pikiran manusia itu sendiri.
Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita sudah banyak mengetahui tentang apa itu etika baik dalam berorganisasi maupun dalam pergaulan kita di masyarakat. Kita dapat menggunakan etika itu dalam segala hal karena dengan adanya etika dapat dihargai oleh sesama terutama dalam pekerjaan.
Etika dapat kita pakai dalam berkarya,berkreasi dan berkomunikasi. Dengan etika yang ada kita dapat mengetahui bagaimana cara kita untuk memakai wewenang yang kita miliki karena dalam mempelajari etika kita bukan saja mempelajari tentang apa perilaku baik dan buruk tetapi kita juga dapat mempelajari tentang Nilai, Moral, Norma Hukum dan Etika, Perundang-undangan yang berkaitan dengan IT dan lain sebagainya.
Contohnya saja saat kita membuat suatu karya yang bekaitan dengan IT tentu saja kita harus banyak mencari tau tentang apa yang akan kita tulis, berbagai hal yang menjadi pertimbangan jangan sampai apa yamg telah kita kerjakan sudah dipakai oleh orang lain sehingga dalam waktu tertentu kita kan mendapat masalah yang tidak kita duga. 
Sebaiknya karya - karya itu sudah harus kita selidiki tentang baik dan buruk dan proses hukum yang berlaku. Kita juga jika sudah membuat sesuatu karya sebaiknya kita membuat hak paten atas karya itu agar tidak ada yang memakai karya kita lagi,sehingga karya kita pun aman dari tangan - tangan nakal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar